Pages

Monday, April 15, 2019

Beautiful Adzan from Bosnia Herzegovina

Bosnia and Herzegovina, sometimes called Bosnia–Herzegovina, and often known informally as Bosnia, is a country in Southeastern Europe, located within the Balkan Peninsula. Sarajevo is the capital and largest city. Bosnia-Herzegovina is an almost landlocked country it has a narrow coast at the Adriatic Sea, about 20 kilometres (12 miles) long surrounding the town of Neum. It is bordered by Croatia to the north, west and south; Serbia to the east; and Montenegro to the southeast. In the central and eastern interior of the country the geography is mountainous, in the northwest it is moderately hilly, and the northeast is predominantly flatland. The inland, Bosnia, is a geographically larger region and has a moderate continental climate, with hot summers and cold and snowy winters. The southern tip, Herzegovina, has a Mediterranean climate and plain topography.
According to the 2013 census, Islam is the majority faith in Bosnia and Herzegovina, making up 51% of the population with Sunni Muslims making up 38% and the rest are either Shia or follow other denominations or don't identify with any denomination. 46% of the population identify as Christian; of these, the Serbian Orthodox Church makes up the largest group, accounting for 31% of the population (of whom most identify as Serbs), and the Roman Catholic Church 15% (of whom most identify as Croats). The smallest groups are Agnosticism 0.3%, Atheism 0.8% and other 1.15%, with the remainder not declaring their religion or not answering 1.1%. A 2012 survey found 54% of Bosnia's Muslims are non-denominational Muslims, while 38% follow Sunnism.

Map of Bosnia Herzegovina


Bosnia dan Herzegovina, juga dikenal sebagai Republik Bosnia dan Herzegovina, adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km² (19.741 mil2) dengan jumlah sekitar empat juta penduduk. Negara Bosnia dikenal dalam bahasa resminya sebagai Bosna i Hercegovina dalam huruf Latin namun biasanya, dipendekkan menjadi Bosnia atau BiH.
Negara ini didiami oleh tiga kelompok etnik yang utama: Bosnia, Serbia dan Kroasia. Warga Bosnia secara umum dikenali sebagai Bosnians dalam bahasa Inggris tanpa memandang bangsa mereka. Pemerintahan negara ini dilakukan secara terpencar, dan negara Bosnia sebenarnya terdiri dari persekutuan dua buah wilayah yang utama, yaitu, Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republika Srpska.
Dibatasi oleh Kroasia di utara, barat, dan selatan, Serbia di timur, dan Montenegro di selatan, Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh daratan kecuali pesisir pantai Laut Adriatik yang sepanjang 20 km yang berpusat di kota Neum. Pedalaman negara ini penuh dengan pegunungan, dan juga sungai yang kebanyakan tidak bisa ditempuh. Ibu kota yang sekaligus kota terbesar ialah Sarajevo.
Bosnia merupakan salah satu negara paling multi-religius di daerah Balkan karena tak ada agama yang membentuk mayoritas mutlak. Dikenal sebagai tempat di mana "Timur bertemu Barat", disinilah tempat di mana Kekaisaran Romawi Kuno pecah menjadi Kekaisaran Romawi Barat yang menganut Kristen Katolik dan Kekaisaran Romawi Timur (atau Bizantin) yang menganut Kristen Ortodoks. Perbedaan kepercayaan ini ditambah dengan kedatangan bangsa Turki Utsmaniyah pada abad ke-15 yang membawa Islam. Ibukota Bosnia sendiri, Sarajevo, dikenal sebagai "Yerusalem Eropa" karena, sampai abad ke-20, merupakan satu-satunya tempat di Eropa di mana terdapat Gereja, Masjid, dan Sinagoge yang berdiri berdampingan.
Identifikasi keagamaan di Bosnia dan Herzegovina relatif penting karena masih hangatnya keadaan politik antar-suku. Sejak kemerdekaan Balkan dari Kesultanan Utsmaniyah, tiap suku sangat erat dihubungkan dengan agama; pada zaman Federasi Yugoslavia, seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai bagian dari bangsa Bosnia otomatis akan didaftarkan sebagai "Muslim" bahkan jika orang tersebut tidak menganut agama Islam. Dalam Yugoslavia, tiap suku diidentifikasikan sebagai berikut: bangsa Serbia, Montenegro, dan Makedonia, menganut Kristen Ortodoks; bangsa Kroasia dan Slovenia menganut Kristen Katolik; dan bangsa Bosnia dan Albania menganut Islam. Hal ini dibawa pada perpecahan Yugoslavia; faktanya, Perang Yugoslavia selain disebabkan oleh konflik antar-etnik juga didorong oleh konflik antar-agama berkepanjangan.
Badan Pusat Statistik Bosnia memperkirakan afiliasi agama sebagai berikut: 45% Muslim (sebagian besar bangsa Bosnia), 36% Kristen Ortodoks (sebagian besar bangsa Serbia), dan 15% Kristen Katolik (sebagian besar bangsa Kroasia), dengan 1% sisanya menganut Kristen Protestan serta 3% lain-lain (ateis, Yahudi, dll.).

Please Enjoy Beautiful Adzan from Bosnia Herzegovina
Selamat menikmati Adzan dari Bosnia Herzegovina

No comments:

Post a Comment